• STIKES CENDEKIA UTAMA KUDUS
  • STIKES CENDEKIA UTAMA KUDUS
  • STIKES CENDEKIA UTAMA KUDUS
  • STIKES CENDEKIA UTAMA KUDUS

Asesmen Lapangan dalam Rangka Surveilans Prodi S1 Kesehatan Masyarakat

Lembaga Akreditasi Perguruan Tinggi Kesehatan (LAMPT-Kes) yang merupakan organisasi resmi pemerintah yang melakukan proses akreditasi perguruan tinggi kesehatan di seluruh Indonesia. Pada hari Jum’at, 3 Agustus 2018 LAMPT-Kes melakukan kegiatan asesmen lapangan dalam rangka surveilans Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat STIKES Cendekia Utama Kudus. Kegiatan ini merupakan serangkain kegiatan asesmen lapangan oleh LAMPT-Kes guna mengetahui tindak lanjut dari rekomendasi-rekomendasi yang diberikan oleh LAMPT-Kes pada saat kegiatan asesmen lapangan dilakukan sebelumnya. Dalam kesempatan kali ini, LAMPT-Kes menugaskan kepada Bapak Dr. Nurjazuli, S.KM., M.Kes. sebagai asesor kegiatan surveilans ini. Bapak Nurzajuli yang sekaligus dosen Universitas Diponegoro ini membuka acara surveilans tepat pukul 08.00 WIB didampingi para pimpinan dan pejabat structural STIKES Cendekia Utama Kudus. Kemudian acara dilanjutkan dengan proses surveilans dimana asesor menanyakan secara langsung kepada pengelolal prodi tentang bebapa tindak lanjut dari rekomendasi yang sudah diberikan. Ibu Sri Wahyuningsih, S.KM., M.Gizi selaku Ketua Prodi S1 Kesmas menyampaikan capain-capaian yang telah dilaksanakan selama kurun waktu 2 tahun pasca akreditasi prodi kesmas tahun 2016. Salah satu capaian yang signifikan adalah diraihnya hibah penelitian dosen pemula (PDP) dan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) oleh sebagian besar dosen di Prodi Kesmas pada tahun 2017.

Talkshow dan Bedah Buku “Kuliah itu Nggak Penting”

Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HMKM) STIKES Cendekia Utama Kudus pada tanggal 26 Mei 2018 menyelenggarakan kegiatan Talkshow dan Bedah Buku dengan judul “Kuliah itu Nggak Penting”. Kegiatan talkshow ini merupakan program kerja yang secara rutin dilaksanakan oleh HMKM dari tahun ke tahun. Tahun ini HMKM berdasarkan usulan dari mahasiswa kesmas khususnya tertarik untuk mengundang penulis buku “Kuliah Itu Nggak Penting” Mas Mahmud Kuncahyo, M.Pd. dari Semarang untuk datang ke Kota Kretek ini. Mahmud Kuncahyo penulis buku Kuliah Itu Nggak Penting merupakan mantan aktifis mahasiswa di Universitas Negeri Semarang yang sudah berkecimpung di dunia kemahasiswaan Unnes sejak tahun 2010. Penulis melihat kegelisahan dan kemunduran pola berpikir mahasiswa di kampus yang hanya berorientasi pada nilai akhir (IPK) saja tanpa peduli dengan lingkungan sekitar. Maka dari itu, di tahun 2015 penulis menggoreskan kegelisahannya itu dalam sebuah buku yang kemudian diberikan judul “Kuliah itu Nggak Penting”. Ariani selaku ketua panitia kegiatan bedah buku ini menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh banyak mahasiswa, tidak hanya berasal dari program studi kesehatan masyarakat, namun juga prodi lain di STIKES Cendekia Utama Kudus dan beberapa kampus sekitar. Ariani selaku ketua panitia kegiatan ini juga menyampaikan, peserta selain ikut dalam kegiatan ini, juga langsung membeli buku “Kuliah itu Nggak Penting” untuk selanjutnya dimintakan tanda tangan langsung dari penulis.

Milad STIKES 2017

Rabu, 27 Desember 2017 menjadi puncak acara milad STIKES-AKPER tahun 2017. Pada hari ini, secara serempak dilaksanakan kegiatan perlombaan untuk seluruh civitas akademika STIKES-AKPER baik mahasiswa, karyawan, dan dosen. Secara resmi, bapak ketua STIKES Cendekia Utama Kudus membuka acara perlombaan ini. Dalam sambutanya beliau menyampaikan, agar semangat kolaborasi yang menjadi tema utama milad tahun ini tidak hanya diwujudkan dalam rangkaian kegiatan milad tahun 2017 ini, namun juga dalam keseharian di lingkungan kampus. Mahasiswa harus senantiasa berkolaborasi bersama segenap civitas akademika guna mencapai tujuan-tujuan yang telah direncakanan. Selengkapnya...

STIKES & AKPER Bersholawat

Sebagai salah satu institusi pendidikan yang berada dibawah naungan yayasan yang berlandaskan nilai islam, STIKES dan AKPER senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi peserta didiknya tidak hanya dari segi jasmani maupun juga rohani. Oleh karena itu, STIKES dan AKPER melalui momentum Maulid Nabi Muhammad SAW dan Milad STIKES Cendekia Utama Kudus ke-14 dan AKPER Krida Husada ke-22 menyelenggarakan kegiatan STIKES dan AKPER bersholawat.

Selengkapnya...

Temu Alumni dan Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri

Selasa, 28 November 2017 STIKES Cendekia Utama Kudus melalui Program Studi S1 Keperawatan dan Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama, dan Humas menyelenggarakan kegiatan Sosilasasi Peluang Kerja Luar Negeri. Kegiatan ini merupakan salah satu agenda rutin dari STIKES Cendekia Utama Kudus guna meningkatkan serapan lulusan STIKES Cendekia Utama Kudus di dunia kerja.

Pada kesempatan ini, sosialisasi disampaikan oleh dua Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) yaitu LKP Harum Internasional Pati dan LPK Bahana Inspirasi Muda. Kegiatan Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri di awali dengan sambutan ketua STIKES Cendekia Utama Kudus H. Ilham Setyobudi, S.Kp. M.Kes. Beliau menyampaikan bahwa STIKES Cendekia sebagai perguruan tinggi kesehatan mempunyai tanggug jawab dalam membantu dan memberikan informasi ke mahasiswa dan alumni tentang peluang kerja, terutama peluang kerja ke luar negeri. Sehingga kegiatan ini diharapkan bisa bermanfaat bagi mahasiswa dan alumni.

Kemudian Bapak Iwan Sugiarto, SH sebagai direktur utama LKP Harum Internasional Pati menyampaikan tentang peluang kerja di Jepang untuk asisten perawat dan ners. Beliau menyampiakan bagaimana alur pendaftaran kerja di luar negeri, dan tahapan-tahapan tes apa saja yang harus dilalui oleh calon tenaga kerja pada saat seleksi. Dilanjutkan dengan pemateri kedua yaitu Bapak Sony Dwi Aryanti, ST dari LPK Bahana Inspirasi Muda Bandung. Pada materi kedua ini, pemateri lebih spesifik menjelaskan mengenai peluang kerja di Negera Sakura (red: Jepang). Beliau menceritakan bahwa, lembaga pelatihanya telah berhasil mengirimkan ratusan tenaga kesehatan ke Jepang dalam kurun waktu 3 tahun terahir. Salah satu dari tenaga kesehatan tersebut adalah lulusan dari kampus tercinta, yaitu dari Program Studi D3 Keperawatan, yang saat ini telah bekerja di salah satu rumah sakit di Jepang sebagai tenaga perawat.

Selain kegiatan sosialisasi kerja luar negeri, pertemuan ini juga dijadikan sebagai ajang silaturahim dan temu alumni STIKES Cendekia Utama Kudus. Hadir dalam pertemuan itu perwakilan dari semua program studi yang ada di STIKES Cendekia Utama Kudus. (dlc)

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Secured by Siteground Web Hosting