• STIKES CENDEKIA UTAMA KUDUS
  • STIKES CENDEKIA UTAMA KUDUS
  • STIKES CENDEKIA UTAMA KUDUS
  • STIKES CENDEKIA UTAMA KUDUS

Pembangunan Gedung D STIKES

Minggu (06/05) pagi yang cerah, STIKES Cendekia Utama Kudus melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan gedung D (gedung ke-4) berlantai 4. Kegiatan ini menandai dimulainya pembangunan gedung D STIKES Cendekia Utama Kudus.

Acara tersebut dihadiri segenap pengurus Yayasan Islam An Nabil Kudus beserta civitas academica. Gedung tersebut rencananya akan dipergunakan sebagai ruang kuliah mahasiswa, juga sebagian untuk rektorat STIKES Cendekia Utama Kudus. Pembangunan gedung ini direncanakan selesai dan digunakan pada awal tahun 2013.

Diharapkan dengan keberadaan gedung tersebut selain untuk menambah sarana prasarana juga untuk lebih meningkatkan kualitas belajar mengajar di STIKES Cendekia Utama Kudus.

Kiprah STIKES Cendekia Utama Kudus di kancah internasional

STIKES Cendekia Utama Kudus patut berbangga hati, dosen yang bernama Nurulistyawan Tri Purnanto, S.Kep., Ns. menjadi salah satu yang terpilih mempresentasikan penelitiannya dalam International Conference “Working Together for Health Security” yang dilaksanakan di Chiangmai Thailand tanggal 10 – 12 April 2012. Ini merupakan sebuah awalan prestasi dosen STIKES Cendekia Utama Kudus yang ditorehkan di kancah internasional.

Banyak orang yang berkata bahwa dunia International adalah dunia yang luas dan menakutkan. Namun hal ini tidak berlaku bagi STIKES Cendekia Utama Kudus. Dunia International merupakan dunia yang penuh tantangan terutama sebagai ajang berprestasi dan kompetensi. Setelah berkiprah di dalam negeri, kini STIKES Cendekia Utama Kudus mulai melirik dunia International sebagai pengembangan pendidikan. Hal ini mengacu pada Visi STIKES Cendekia Utama Kudus dimana pada tahun 2020 sebagai pusat pendidikan tinggi di bidang ilmu kesehatan yang unggul, professional dan berakhlak mulia.

 

Selengkapnya...

Praktek Kerja Lapangan Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat

Bertempat di aula Balai Kesehatan Paru Masyarakat (BKPM) Wilayah Pati beberapa waktu (24/02) lalu, Ketua STIKES Cendekia Utama Kudus, dr. H. Muchtadi, M.Sc., melakukan serah terima kepada Kepala BKPM Pati, dr. H. Mulyo Utomo. Seremoni ini menandai dimulainya kegiatan PKL 15 mahasiswa semester VIII Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat yang bertema Surveilans TB Paru dan Identifikasi Suspek TB di masyarakat. Dalam sambutannya kemarin, dr. H. Mulyo Utomo menegaskan kepada mahasiswa bahwa kedisiplinan dalam belajar merupakan modal awal sebuah keberhasilan, demikian pula BKPM wilayah Pati dalam melaksanakan tugas memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat selalu menanamkan pelayanan optimal dan disiplin.

Selain itu, di tempat yang lain, STIKES Cendekia Utama Kudus juga melepas 38 mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat untuk melakukan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) di desa Menawan Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Dalam PBL ini mahasiswa harus mampu melakukan identifikasi dan pemecahan masalah kesehatan dengan prinsip Problem Solving. PBL ini dilaksanakan 3 pekan dari tanggal 10 Maret 2012 hingga 31 Maret 2012.

Studi Banding ke Jurusan Farmasi Fakultas MIPA Universitas Udayana

STIKES Cendekia Utama Kudus melaksanakan studi banding ke jurusan Farmasi Fakultas MIPA Universitas Udayana Bali. Rombongan yang berjumlah 22 orang dipimpin langsung Ketua STIKES, dr. H. Muchtadi, M.Sc. dan Ketua Yayasan Islam An Nabil Kudus. Rombongan tersebut disambut oleh jajaran Pimpinan Jurusan Farmasi Fakultas MIPA Universitas Udayana Bali.

Diawali dengan sambutan dari Sekretaris Jurusan Farmasi Fakultas MIPA Universitas Udayana Bali, Ni Putu Eka Leliqia, S.Far., M.Si., Apt. kemudian acara diisi dengan diskusi dan sharing informasi tentang kebijakan akademik, system pembelajaran teori dan praktek, tata kelola laboratorium yang kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium farmasi. Sebelum acara penutupan studi banding, dilakukan acara serah terima kenang-kenangan dan foto bersama. Dengan kegiatan studi banding ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang pelaksanaan pendidikan program studi farmasi.

Selanjutnya, esok harinya (6/03) melanjutkan studi banding ke stikes banyuwangi. dr. H. Muchtadi, M.Sc., Ketua STIKES, mengatakan, “Studi banding ke perguruan tinggi lainnya salah satu upaya untuk terus memperbaiki dan meningkatkan mutu kualitas STIKES Cendekia Utama Kudus.”

Praktek Belajar Lapangan (PBL) S1 Ilmu Keperawatan 2012

Program studi S1 Ilmu Keperawatan STIKES Cendekia Utama Kudus mengadakan Praktek Belajar Lapangan (PBL) yang dilaksanakan selama kurang lebih 2 minggu, yaitu mulai tanggal 20 Februari sampai 3 Maret 2012. Sementara lokasi yang dijadikan praktek Belajar Lapangan adalah di desa Kesambi, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus.

Praktek Belajar Lapangan (PBL) merupakan bagian kegiatan yang dilaksanakan berdasarkan kurikulum yang telah ditetapkan pada Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Cendekia Utama Kudus. Menurut Galia Wardha A,S.Kep.,Ns selaku coordinator praktek “Pelaksanaan praktek ini bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa supaya dapat mengaplikasikan teori yang pernah didapat khususnya asuhan keperawatan keluarga langsung ke masyarakat. Sehingga kelompok masyarakat dapat meningkatkan kesehatan khususnya dalam lingkup keluarga”.

Praktek Belajar Lapangan ini diwajibkan bagi mahasiswa semester VII. Jumlah total mahasiwa yang mengikuti PBL adalah 85 mahasiswa yang terbagi ke dalam 12 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 6 sampai 7 mahasiswa. Dalam Praktek Belajar Lapangan (PBL) mahasiswa diberi tugas untuk memberikan asuhan keperawatan keluarga. Setiap mahasiswa diwajibkan mengelola satu keluarga selama minimal 2 minggu untuk dijadikan target pemberian asuhan keperawatan keluarga. Lingkup asuhan keperawatan keluarga yang diberikan meliputi asuhan keperawatan keluarga dengan anak usia sekolah, keluarga dengan remaja, keluarga dengan ibu hamil dan menyusui, keluarga dengan anak balita, serta keluarga dengan lansia. Selengkapnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Secured by Siteground Web Hosting