• STIKES CENDEKIA UTAMA KUDUS
  • STIKES CENDEKIA UTAMA KUDUS
  • STIKES CENDEKIA UTAMA KUDUS
  • STIKES CENDEKIA UTAMA KUDUS

Mahasiswa S-1 Kesehatan Masyarakat Praktik Pengomposan Sampah

 

Sampah adalah sisa suatu usaha dan/atau kegiatan yg berwujud padat atau semi padat berupa zat organik dan atau anorganik bersifat dapat terurai maupun tidak dapat terurai yg dianggap sudah tidak berguna lagi dan dibuang ke lingkungan. Sampah berasal dari berbagai sumber, diantaranya pemukiman penduduk, industry atau pabrik, rumah sakit, kegiatan perdagangan, perkebunan dan sebagainya. Sampah dari segi kesehatan, dianggap sebagai sumber perkembangbiakan penyakit dan polusi udara. Dari segi keindahan, sampah sebagai sesuatu yg tidak sedap dipandang (estetika rendah). Dari segi cemaran, sampah dianggap sebagai sumber gas, air limpasan atau panas yg mengganggu.

Mahasiswa Stikes Cendekia Utama regular VI (enam) melaksanakan praktikum laboratorium kesehatan masyarakat di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus pada tanggal 14 Juni 2012 untuk mengetahui pengelolaan sampah yg ada di TPA Tanjung Rejo. Para mahasiswa didampingi dengan dosen wali dan pendamping lapangan, Bapak Jumari diterima dengan baik dikantor TPA untuk mendapatkan pengarahan dari pihak TPA.

TPA Tanjungrejo sebagai sarana akhir penampung sampah di Kabupaten Kudus menerima sampah dari berbagai sumber dan melakukan melakukan pengangkutan sampah menggunakan truk sampah pada pagi dan sore hari yang diambil dari gerobak/bank sampah di masing-masing titik pengambilan sampah di masing-masing kelurahan. Sampah yang diangkut oleh petugas (sebanyak 3 orang) diletakkan di beberapa titik untuk dilakukan pengolahan selanjutnya seperti :

 

Selengkapnya...

Pengobatan dan Konsultasi Kesehatan Gratis

Minggu (03/06/2012) yang cerah pukul 08.00 – 10.00 WIB di kelurahan Purwosari, STIKES Cendekia Utama Kudus melaksanakan bakti sosial berupa pengobatan gratis dan konsultasi kesehatan gratis. Kegiatan ini merupakan salah satu acara yang digagas oleh Karang Taruna Bhakti Nusa Purwosari Kudus. Sebelum bakti sosial dimulai, terlebih dahulu diadakan jalan sehat dan senam massal.

Antusiasme masyarakat sekitar terhadap kegiatan ini cukup tinggi. Terlihat dari sebelum kegiatan ini dimulai, belasan warga sudah datang menunggu. Mereka datang ke lokasi untuk berobat atau sekedar memeriksakan kesehatannya. Dan, salah seorang warga kelurahan Purwosari berharap kegiatan pengobatan gratis jangan sekali itu saja dilakukan, tetapi bisa dijadikan agenda rutin. Mengingat kebutuhan kesehatan sekarang ini mempunyai biaya yang tinggi. Tidak heran jika even ini ditunggu-tunggu masyarakat.

Selengkapnya...

Pembangunan Gedung D STIKES

Minggu (06/05) pagi yang cerah, STIKES Cendekia Utama Kudus melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan gedung D (gedung ke-4) berlantai 4. Kegiatan ini menandai dimulainya pembangunan gedung D STIKES Cendekia Utama Kudus.

Acara tersebut dihadiri segenap pengurus Yayasan Islam An Nabil Kudus beserta civitas academica. Gedung tersebut rencananya akan dipergunakan sebagai ruang kuliah mahasiswa, juga sebagian untuk rektorat STIKES Cendekia Utama Kudus. Pembangunan gedung ini direncanakan selesai dan digunakan pada awal tahun 2013.

Diharapkan dengan keberadaan gedung tersebut selain untuk menambah sarana prasarana juga untuk lebih meningkatkan kualitas belajar mengajar di STIKES Cendekia Utama Kudus.

Kiprah STIKES Cendekia Utama Kudus di kancah internasional

STIKES Cendekia Utama Kudus patut berbangga hati, dosen yang bernama Nurulistyawan Tri Purnanto, S.Kep., Ns. menjadi salah satu yang terpilih mempresentasikan penelitiannya dalam International Conference “Working Together for Health Security” yang dilaksanakan di Chiangmai Thailand tanggal 10 – 12 April 2012. Ini merupakan sebuah awalan prestasi dosen STIKES Cendekia Utama Kudus yang ditorehkan di kancah internasional.

Banyak orang yang berkata bahwa dunia International adalah dunia yang luas dan menakutkan. Namun hal ini tidak berlaku bagi STIKES Cendekia Utama Kudus. Dunia International merupakan dunia yang penuh tantangan terutama sebagai ajang berprestasi dan kompetensi. Setelah berkiprah di dalam negeri, kini STIKES Cendekia Utama Kudus mulai melirik dunia International sebagai pengembangan pendidikan. Hal ini mengacu pada Visi STIKES Cendekia Utama Kudus dimana pada tahun 2020 sebagai pusat pendidikan tinggi di bidang ilmu kesehatan yang unggul, professional dan berakhlak mulia.

 

Selengkapnya...

Praktek Kerja Lapangan Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat

Bertempat di aula Balai Kesehatan Paru Masyarakat (BKPM) Wilayah Pati beberapa waktu (24/02) lalu, Ketua STIKES Cendekia Utama Kudus, dr. H. Muchtadi, M.Sc., melakukan serah terima kepada Kepala BKPM Pati, dr. H. Mulyo Utomo. Seremoni ini menandai dimulainya kegiatan PKL 15 mahasiswa semester VIII Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat yang bertema Surveilans TB Paru dan Identifikasi Suspek TB di masyarakat. Dalam sambutannya kemarin, dr. H. Mulyo Utomo menegaskan kepada mahasiswa bahwa kedisiplinan dalam belajar merupakan modal awal sebuah keberhasilan, demikian pula BKPM wilayah Pati dalam melaksanakan tugas memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat selalu menanamkan pelayanan optimal dan disiplin.

Selain itu, di tempat yang lain, STIKES Cendekia Utama Kudus juga melepas 38 mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat untuk melakukan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) di desa Menawan Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Dalam PBL ini mahasiswa harus mampu melakukan identifikasi dan pemecahan masalah kesehatan dengan prinsip Problem Solving. PBL ini dilaksanakan 3 pekan dari tanggal 10 Maret 2012 hingga 31 Maret 2012.

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Hubungi Kami

Alamat : Jln. Lingkar Raya Kudus - Pati KM.5 Desa Jepang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah Indonesia
Telp : (0291) 4248655, 4248656
Fax. : (0291) 4248657
Email : stikescendekiautama@yahoo.co.id
Web : stikescendekiautamakudus.ac.id

social

Secured by Siteground Web Hosting