• STIKES CENDEKIA UTAMA KUDUS
  • STIKES CENDEKIA UTAMA KUDUS
  • STIKES CENDEKIA UTAMA KUDUS
  • STIKES CENDEKIA UTAMA KUDUS

Talkshow Beasiswa dan Bedah Buku Scholarship Hunter

Hari Sabtu, tanggal 18 Maret 2017 telah diselenggarakan kegiatan "Talkshow Beasiswa dan Bedah Buku Scholarship Hunter" di Auditorium STIKES Cendekia Utama Kudus. Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIKES Cendekia Utama Kudus. Acara yang dihadiri puluhan peserta ini, menghadirkan 2 narasumber yaitu Sri Hindriyastuti, S.Kep., Ns., M.N. dan Sholihul Huda, S.Kep., Ns., M.N.S.

Ibu Sri Hindriyastuti menyampaikan tentang beasiswa ADS (Australian Development Scholarship) dan Bapak Sholihul Huda menceritakan pengalamannya menerima beasiswa Kasetsart University Thailand.

Acara ini mendapat sambutan positif dari para mahasiswa STIKES Cendekia Utama Kudus dan peserta dari luar STIKES Cendekia Utama Kudus, hal ini tercermin dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada narasumber. Acara ini bertujuan agar para mahasiswa bersemangat untuk meraih beasiswa dan berprestasi. Harapannya setelah acara ini, semakin banyak mahasiswa yang termotivasi untuk berprestasi dan dapat bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa dari negara lain. (siti nur mualifah).

Dance Hand Hygiene Meriahkan HUT PPNI ke-43 di STIKES Cendekia Utama Kudus

Persatuan Perawat Nasional Indonesia atau yang dikenal dengan sebutan PPNI merayakan ulang tahun ke 43 pada hari Jumat tanggal 17 Maret 2017. Perayaan tersebut dimeriahkan dengan beberapa kegiatan promosi kesehatan, salah satunya adalah mengajak masyarakat untuk hidup bersih dan sehat dengan melakukan cuci tangan dengan benar. Pelaksanaan cuci tangan dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia. Di Kabupaten Kudus dilaksanakan di setiap Puskesmas dan institusi pendidikan perawat. STIKES Cendekia Utama Kudus yang merupakan perguruan tinggi swasta di Kudus yang sudah meluluskan perawat – perawat yang siap kerja juga melaksanakan promosi cuci tangan dengan dance hand hygiene. Dance hand hygiene ini diikuti oleh seluruh civitas akademika dan perwakilan siswa dari SMA PGRI Kudus. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengajak kita membiasakan diri untuk cuci tangan di kehidupan setiap hari. Tangan merupakan organ yang bisa sebagai perantara masuk ke dalam tubuh manusia yang bisa lewat mulut saat makan maupun lewat kulit. Dengan cuci tangan yang benar dapat meminimalkan penyakit yang diakibatkan dari tangan yang terkontaminasi bakteri atau kuman. Ayo lakukan 6 langkah cuci tangan pada kehidupan kita sehari – hari baik di rumah maupun di tempat kerja. (bdw)

Peringkat STIKES Cendekia Utama Kudus Tahun 2016

Hasil Peringkat Perguruan Tinggi Indonesia Tahun 2016 oleh Kemenristekdikti, Peringkat STIKES Cendekia Utama Kudus melesat naik ke posisi 1059 dari posisi 1708 pada Tahun 2015. Hal ini menunjukkan perubahan tata kelola manajemen kampus ada upaya secara kontinyu dalam memperbaiki kualitas layanan pendidikannya dan peningkatan kualitas SDM, penelitian dan publikasi.

Jumlah Perguruan Tinggi sebanyak : 3244 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Seluruh Indonesia.

Peringatan Hari Perawat Internasional di STIKES Cendekia Utama Kudus

International Nurses Day (IDN) merupakan hari perawat sedunia yang diperingati oleh perawat seluruh dunia setiap tahun pada tanggal 12 Mei. Tanggal tersebut diperingati karena bertepatan dengan tanggal lahirnya Florence Nightingale dimana beliau adalah pelopor profesi keperawatan. Tema pada peringatan IDN tahun 2016 adalah "Nurses: A Force for Change: Improving health systems' resilience". Perawat merupakan kekuatan untuk perubahan demi sebuah ketahanan sistem kesehatan. Peringatan IDN tahun 2016 oleh perawat perawat di kabupaten Kudus Propinsi Jawa Tengah yang tergabung dalam wadah organisasi Persatuan Perawat Nasional Indonesia dilaksanakan di STIKES Cendekia Utama Kudus yang terletak di Jalan Lingkar Kudus Pati Km 5, Jepang, Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Pada Peringatan ini juga dilaksanakan pelantikan dewan pengurus komisariat PPNI Kabupaten Kudus. Pelantikan diikuti seluruh dewan pengurus komisariat sejumlah 9 DPK. Diantara Sembilan DPK tersebut ada satu bentukan DPK baru yaitu komisariat pendidikan, dimana anggotanya terdiri dari perawat yang bekerja di institusi pendidikan mulai dari latar belakang pendidikan D3 keperawatan, S1-Ners, S2 Keperawatan dan Ners Spesialis. Institusi pendidikan tersebut adalah STIKES Cendekia Utama Kudus, STIKES Muhammmadiyah Kudus dan Akademi Keperawatan Krida Husada Kudus. Acara ini diprakarsai dari PPNI Kabupaten Kudus dan himpunan mahasiswa keperawatan (HIMKA) STIKES Cendekia Utama Kudus, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIKES Muhammadiyah dan Akper Krida Husada. Berbagai acara dilaksanakan seperti orasi ilmiah, panggung hiburan, donor darah, stand up komedi dan pelantikan DPK ditenggah – tengah acara tersebut. Peringatan IDN dan Pelantikan dewan pengurus komisariat diikuti sekitar 500 tamu undangan baik perwakilan perawat dari seluruh Rumah Sakit di Kudus yaitu RS dr. Loekmonohadi Kudus, RS Mardirahayu, RS Islam Sunan Kudus, RS Kumala Siwi. Perwakilan Puskesmas yang tergabung dalam komisariat barat, timur, selatan dan utara, juga dari komisariat pendidikan. Dengan peringatan IDN ini diharapkan perawat juga dituntut menjadi role model dalam mempertahankan sistem suatu bangsa yang masyarakatnya mengerti tentang pentingnya kesehatan dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. (bdw)

Antusias Warga Kudus dalam Memperingati Hari Kesehatan Dunia

Pada Acara  pemeriksaan kesehatan dalam rangka mencegah penyakit DM dan hipert ensi dalam memperingati hari kesehatan dunia dan menanamkan mental yang kuat kepada anggota baru himika 2016 , yang di adakan oleh HIMIKA (HIMPUNAN MAHASISWA ILMU KEPERAWATAN) STIKES CENDEKIA UTAMA KUDUS pada tanggal 17 april 2016 dan di bantu oleh Dr. iwan styawan anggota organisasi brotherhood yang dilaksanakan pada acara CFD(car free day) di alun-alun kudus  ini mendapat banyak respon positif dari masyarakat kudus.  Buktinya pada acara tersebut himika mendapatkan klien sebanyak 55 klien untuk pemeriksaan gula darah dan 150 klien untuk pemeriksaan tekanan darah. Hal ini membuktikan bahwa rasa kepedulian warga kudus dalam menjaga kesehatannya. Menurut komandan himika “ saya menargetkan jumlah pemeriksaan gula darah sebanyak 50% ternyata melebihi target yang saya tentukan,, ternyata rasa  kepedulian warga kudus dalam  kesehatan cukup tinggi.  Saran dari warga setempat” mas acara ini mending dilakukan setiap seminggu sekali dan pemeriksaannya di tambahi seperti pemeriksaan golongan darah, asam urat, dan kolestrol” hal ini memberi semangat kepada anggota himika dalam meningkatkan mutu dan jenis pelayanannya. Semoga di acara selanjutnya himika mampu meningkatkan mutu pelayanannya.(mukhamad subkhi)

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Secured by Siteground Web Hosting