Kecelakaan Depan STIKES Cendekia Utama Kudus

Kecelakaan maut terjadi di Jalan Lingkar Raya Kudus Pati KM.5 Jepang Mejobo Kudus tepatnya depan kampus STIKES Cendekia Utama Kudus. Kecelakaan beruntun antara 2 mobil APV dan 2 sepeda motor mengakibatkan korban jiwa yang terdiri 19 korban luka luka dan 1 meninggal. Aparat kepolisian setempat dengan sigap mengamankan tempat kejadian. Tak berapa lama datang tim medis perawat yang memberikan pertolongan pertama pada kondisi gawat darurat dalam rangka menyelamatkan pasien dari kematian. Itu adalah simulasi dalam rangka pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS).

Pelatihan tersebut diselenggarakan atas kerjasama antara Emergency Medical Services 119 Jakarta dengan STIKES Cendekia Utama Kudus yang dibantu oleh Polsek Mejobo dan Puskesmas Ngembal Kulon yang berlangsung selama 4 hari dari tanggal 6-9 Oktober 2011. Pelatihan ini diikuti oleh 38 tenaga medis dari alumni STIKES Cendekia Utama Kudus. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk memberikan ilmu dan ketrampilan penanganan kondisi gawat darurat kepada perawat.

Pelatihan ini dibagi menjadi beberapa sesi yaitu sesi teori pada hari pertama dan kedua tanggal 6 dan 7 Oktober 2011 serta sesi praktikum/simulasi pada hari ketiga sampai hari keempat tanggal 8-9 Oktober 2011. Materi dari pelatihan meliputi Airway Breathing Circulation - Disability, dimana dalam pelatihan PPGD ini sudah mengacu pada update ilmu kegawatan pada bidang trauma dan Cardiac Life Support tahun 2010.

Pemateri dan instruktur pada pelatihan ini terdiri dari dokter ahli (subspesialis & spesialis) dan tenaga perawat terlatih yang sudah memiliki standarisasi TOT (Training of Trainer) untuk BTCLS (Basic Trauma Cardiac Life Support).

Pembantu Ketua III, Masvan Yulianto, mengatakan Seluruh tindakan yang dilakukan pada saat kondisi gawat darurat haruslah benar-benar efektif dan efisien, karena pada kondisi tersebut pasien dapat kehilangan nyawa dalam hitungan menit saja ( henti nafas selama 2-3 menit dapat mengakibatkan kematian). Diharapkan dengan pelatihan ini ilmu dan ketrampilan perawat akan semakin baik sehingga akan terus dapat meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Hubungi Kami

Alamat : Jln. Lingkar Raya Kudus - Pati KM.5 Desa Jepang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah Indonesia
Telp : (0291) 4248655, 4248656
Fax. : (0291) 4248657
Email : stikescendekiautama@yahoo.co.id
Web : stikescendekiautamakudus.ac.id

social

Secured by Siteground Web Hosting