Berita

Pelantikan Organisasi Kemahasiswaan STIKES Cendekia Utama Kudus

Kamis, 16 November 2017, merupakan hari yang bersejarah bagi organisasi kemahasiswaan di STIKES Cendekia Utama Kudus. Pasalnya pada hari itu secara resmi pengurus organisasi kemahasiswaan dilantik oleh Ketua STIKES Cendekia Utama Kudus dan memulai kerjanya setahun kedepan.

Setelah melalui proses pemilihan umum dan musyawarah, akhirnya terpilih pemimpin-pemimpin terbaik di masing-masing organisasi kemahasiswaan yang akan menahkodai organisasinya satu tahun kedepan. Tercatat terdapat tercatat terdapat 9 organisasi kemahasiswaan yang dilantik pada kesempatan itu yaitu Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HMKM), Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan (HIMIKA), Himpunan Mahasiswa Farmasi (HIMFAKIA), Unit Kegiatan Mahasiswa Departemen Agama (UKM IMDA), Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela (UKM KSR), dan Unit Kegiatan Mahasiswa Mahasiswa Cendekia Pecinta Alam (UKM MACUPA).

Ketua STIKES dalam sambutanya menyampaikan bahwa organisasi kemahasiswaan mempunyai peran vital dalam sebuah institusi pendidikan (red:kampus). Organisasi kemahasiswaan dan kampus seperti sebuah mata uang yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Aktifis mahasiswa harapannya dapat menjadi role model bagi mahasiswa lain, karena mendapatkan bekal lebih berupa softskill dalam organsisanya. Maka dari itu, STIKES berencana mewajibkan setiap mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 untuk mengikuti satu organisasi kemahasiswaan sebagai sarana untuk menempa diri dan bekal sebelum selama di lingkungan kampus.

Harapanya organisasi kemahasiswaan periode ini tetap menjadi mitra untuk visi dan misi STIKES Cendekia Utama Kudus. (dlc)

Debat Terbuka Capres dan Cawapres BEM Periode 2017-2018

Pergantian kepemimpinan dalam sebuah organisasi adalah sebuah siklus alami yang akan selalu terjadi pada setiap organisasi. Begitu pula pada organisasi kemahasiswaan seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIKES Cendekia Utama Kudus. Apabila sesuai dengan jadwal yang telah disusun oleh Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa, maka di bulan November akan dilakukan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden BEM baru untuk masa jabatan 2017-2018. Pada perhelatan pemilu tahun ini diikuti oleh 2 paslon yaitu Paslon 1 Septi (PSKM V) dan Elia (PSIK III B) dan Paslon 2 Leavi (Farmasi V B) dan Arif (PSKM V).


Salah satu rangkaian kegiatan dalam pesta rakyat mahasiswa STIKES Cendekia Utama Kudus ini adalah kegiatan Debat Terbuka Capres dan Cawapres BEM STIKES Cendekia Utama Kudus. Kegiatan debat ini dilaksanakan pada hari Senin, 30 Oktober 2017 bertempat di Aula STIKES Cendekia Utama Kudus. Kegiatan yang secara resmi dibuka oleh Bapak Ilham Setyo Budi, S.Kp., M.Kes. selaku ketua STIKES Cendekia Utama Kudus berjalan dengan lancer. Ketua STIKES dalam sambutanya menyampaikan bahwa 2 komponen penting dalam sebuah perguruan tinggi, dan keduanya tidak bias dipisahkan yaitu dosen dan mahasiswa. Di akhir sambutanya beliau memberikan tantangan kepada semua paslon untuk bias merumuskan kegiatan wajib yang bias diikuti oleh setiap mahasiswa baru STIKES Cendekia Utama Kudus dan AKPER Krida Husada Kudus.


Kegiatan ini berjalan dengan lancar, banyak pertanyaan yang diberikan kepada paslon baik nomor urut 1 ataupun 2, salah satunya adalah bagaimana cara untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan mahasiswa. Debat Terbuka ini diakhiri dengan pertanyaan yang diberikan dari paslon 1 kepada paslon 2, dan sebaliknya.
Debat Terbuka ini merupakan ajang untuk mengkampayekan diri dan menyampaikan visi misi serta mimpi yang diinginkan untuk BEM kedepan.

Workshop PKM 5 Bidang

STIKES Cendekia Utama Kudus lewat kordinasi Biro Kemahasiswaan, Kerjasama, dan Humas bersama AKPER Krida Husada Kudus dan BEM STIKES Cendekia Utama Kudus hari Sabtu, 28 Oktober 2017 bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke-89 mengadakan kegiatan Workshop PKM 5 Bidang di Ruang Aula STIKES Cendekia Utama Kudus.


Kegiatan ini diikuti oleh 40-an lebih mahasiswa dari semua angkatan dan program studi mulai dari S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Keperawatan, S1 Farmasi, D3 Farmasi, dan D3 Keperawatan. Semua peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini dari mulai awal sampai akhir kegiatan.
Bapak Eko Prasetyo mengawali materi PKM dengan menjelaskan pentingnya sebuah penelitian di perguruan tinggi yang tidak hanya dilakukan oleh dosen namun juga penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa. Salah satunya melalui kegiatan PKM ini. Kemudian beliau menjelaskan mengenai tahapan PKM dari mulai tahap penulisan sampai dengan PIMNAS.

Ibu Ina Ristian sebagai pembicara kedua dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa terdapat beberapa trik untuk berhasilnya sebuah PKM yaitu format cover PKM, format penulisan PKM, keterbaruan ide, ide sederhana tapi dikemas “mempesona”, rincian dana realistis, anggota berasal dari lintas jurusan, dan pendekatan dengan senior yang pernah lolos. Dalam kesempatan ini pula pembicara menyampaikan pengalamannya dulu ketika PKM nya lolos sampai PIMNAS 2013 di Lombok.
Tahun 2017 ini BKKH STIKES Cendekia Utama Kudus akan berusaha memfasilitasi dan mendampingi mahasiswa dalam proses penulisan PKM sampai proses pengumuman hasil PKM. Harapanya PKM mahasiswa STIKES Cendekia Utama Kudus dan AKPER Krida Husada lolos dan mendapatkan pendanaan dari Kemenristekdikti pada tahun 2018. (dlc)

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Hubungi Kami

Alamat : Jln. Lingkar Raya Kudus - Pati KM.5 Desa Jepang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah Indonesia
Telp : (0291) 4248655, 4248656
Fax. : (0291) 4248657
Email : stikescendekiautama@yahoo.co.id
Web : stikescendekiautamakudus.ac.id

social

Secured by Siteground Web Hosting