Berita

Praktek Belajar Lapangan (PBL) S1 Ilmu Keperawatan 2012

Program studi S1 Ilmu Keperawatan STIKES Cendekia Utama Kudus mengadakan Praktek Belajar Lapangan (PBL) yang dilaksanakan selama kurang lebih 2 minggu, yaitu mulai tanggal 20 Februari sampai 3 Maret 2012. Sementara lokasi yang dijadikan praktek Belajar Lapangan adalah di desa Kesambi, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus.

Praktek Belajar Lapangan (PBL) merupakan bagian kegiatan yang dilaksanakan berdasarkan kurikulum yang telah ditetapkan pada Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Cendekia Utama Kudus. Menurut Galia Wardha A,S.Kep.,Ns selaku coordinator praktek “Pelaksanaan praktek ini bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa supaya dapat mengaplikasikan teori yang pernah didapat khususnya asuhan keperawatan keluarga langsung ke masyarakat. Sehingga kelompok masyarakat dapat meningkatkan kesehatan khususnya dalam lingkup keluarga”.

Praktek Belajar Lapangan ini diwajibkan bagi mahasiswa semester VII. Jumlah total mahasiwa yang mengikuti PBL adalah 85 mahasiswa yang terbagi ke dalam 12 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 6 sampai 7 mahasiswa. Dalam Praktek Belajar Lapangan (PBL) mahasiswa diberi tugas untuk memberikan asuhan keperawatan keluarga. Setiap mahasiswa diwajibkan mengelola satu keluarga selama minimal 2 minggu untuk dijadikan target pemberian asuhan keperawatan keluarga. Lingkup asuhan keperawatan keluarga yang diberikan meliputi asuhan keperawatan keluarga dengan anak usia sekolah, keluarga dengan remaja, keluarga dengan ibu hamil dan menyusui, keluarga dengan anak balita, serta keluarga dengan lansia. Selengkapnya...

Ujian Praktek Semester Akhir 20112

Pada hari Senin, 13 Februari 2012 program studi Ilmu Keperawatan (S1) STIKES Cendekia Utama Kudus mengadakan ujian praktek laboratorium. Seperti biasa ujian praktek laboratorium ini dilaksanakan setelah mahasiswa menempuh ujian akhir semester (ujian teori). Ujian praktek laboratorium dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kompetensi praktek klinik keperawatan yang telah dikuasai oleh mahasiswa. Ujian praktek ini akan berlangsung selama 5 hari.

Ujian praktek laboratorium dilaksanakan mulai jam 09.00 WIB. Mahasiswa yang mengikuti ujian praktek laboratorium adalah dari semester III dan semester V. Jumlah total mahasiswa yang mengikuti ujian praktek laboratorium adalah sekitar 172 mahasiswa. Terdiri dari 88 mahasiswa semester III dan 84 mahasiswa  semester V.

Dalam ujian praktek laboratorium mahasiswa dihadapkan pada beberapa kompetensi ujian praktek klinik. Beberapa materi yang di ujikan untuk semester V di antaranya adalah praktek dalam pendidikan kesehatan pada komunitas (keperawatan komunitas) dan praktek strategi pelaksanaan pada penderita sakit jiwa (keperawatan jiwa).  Sedangkan materi yang diujikan untuk semester III diantaranya adalah pemasangan infuse, pemeriksaan fisik jantung dan pemasangan EKG.

Selengkapnya...

Harlah Ke-8 STIKES Cendekia Utama Kudus

 

Dalam rangka memperingati harlah ke-8, STIKES Cendekia Utama Kudus mengadakan beberapa kegiatan diantaranya jalan sehat, temu orang tua/wali mahasiswa dan pengajian. Jalan sehat dimulai pada pukul 06.00 WIB dengan start dan finish di lapangan STIKES dengan jumlah peserta sekitar 200 orang yang merupakan keluarga besar STIKES. Dalam jalan sehat ini dibagikan door prize kepada peserta yang beruntung antara lain sepeda gunung, televisi 14 inchi, kipas angin, 2 buah magic com, 2 buah setrika, dan beberapa hadiah hiburan lainnya. Kegiatan jalan sehat ini  juga bertujuan untuk memperkenalkan STIKES di lingkungan masyarakat sekitar kampus. Kegiatan selanjutnya adalah pertemuan orang tua mahasiswa dengan pejabat struktural beserta staf dosen. Dalam kegiatan ini disampaikan kepada orang tua mahasiswa tentang proses pembelajaran anak didik di lingkungan STIKES. Acara Harlah Ke-8 ditutup dengan pengajian yang diisi oleh Habib Umar Munthohar dari Semarang. Pesan penting yang disampaikan oleh Habib Umar yang berkaitan dengan pendidikan adalah “Zaman sekarang pendidikan itu relatif mahal, itulah investasi manusia yang salah satunya dengan pendidikan. Orang yang berpendidikan dipastikan memiliki masa depan yang lebih cerah karena bisa menggunakan ilmunya, sedangkan orang yang tidak berilmu (tidak berpendidikan) bakal  tersingkir dari peradaban hidup. Tetapi, untuk menjadi manusia berkualitas tidak cukup dengan pendidikan (kecerdasan intellegent) tetapi juga harus bermoral (kecerdasan emosional dan spiritual). Jadi manusia berpendidikan yang bermoral memiliki nilai plus daripada manusia yang hanya memiliki pendidikan. Sekolah yang memiliki nilai plus tidak hanya mengajarkan tentang pendidikan ilmiah, akan tetapi juga nilai akhlak, budi pekerti, teladan yang baik.” Di usianya yang ke-8, STIKES mengalami perkembangan yang cukup pesat, hal ini ditunjukkan dengan gedung baru dengan fasilitas ruang kuliah dengan hotspot area, mini hospital, laboratorium keperawatan, laboratorium kesehatan masyarakat dan laboratorium farmasi yang cukup lengkap.

Pada hari yang sama di STIKES Cendekia Utama Kudus juga dilaksanakan visitasi Program Studi Baru yaitu D3 farmasi, yang dilakukan dari tim Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK) Kementerian Kesehatan RI.

Agenda terdekat STIKES adalah penerimaan mahasiswa baru yang akan dimulai pada awal Februari 2012.

 

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Hubungi Kami

Alamat : Jln. Lingkar Raya Kudus - Pati KM.5 Desa Jepang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah Indonesia
Telp : (0291) 4248655, 4248656
Fax. : (0291) 4248657
Email : stikescendekiautama@yahoo.co.id
Web : stikescendekiautamakudus.ac.id

social

Secured by Siteground Web Hosting